Minggu, 21 Agustus 2016

Misionaris para Rasul Kudus (MSA)













                       


Misionaris para Rasul Kudus atau
Missioneros de Los Santos Apostoles, atau
Missonaires des Saints-Apotres, atau
Missionaries of the Holy Apostles
disingkat MSA



MSA merupakan penggabungan dua buah tarekat yang didirikan oleh P. Eusebe Hendri Menard, OFM, yaitu SSsA yang didirikan pada tanggal 15 Agustus 1951 di Montreal Kanada dan MSsA yang didirikan di Lima, Peru pada Tanggal 15 Agustus 1962.

Sepeninggal P. Eusebe Hendri Menard pada tanggal 26 Maret 1987, kedua pimpinan tarekat yang didirikan oleh beliau sepakat untuk bergabung sebagai sebuah tarekat.
Maka pada tahun 1995 atas dasar dekrit kardinal di Montreal Kanada, berdirilah sebuah tarekat baru dengan Nama MSA yang berpusat di Montreal Kanada.
pada tahun 2000, tarekat ini memperoleh hak pontificalnya sebagai sebuah serikat hidup kerasulan klerikal.

Tarekat ini masuk ke Indonesia setelah memperoleh kunjungan dari Pimpinan umum  P. Isaac Martinez Chuquisana, MSA dari Kanada beserta P. Edward, MSA anggota dewan umum pada bulan Maret 2013, atas prakarsa Mgr. Hieronimus Bumbun, OFM Cap, uskup agung Pontianak.
Pada bulan Desember 2013 dimulailah proses/masa probatio bagi beberapa orang indonesia yang berniat bergabung dengan serikat ini. Pada waktu itu pater general datang dengan seorang anggota dewannya.
Kunjungan ini dilanjutkan ke Vietnam dengan proses yang sama dengan sekelompok orang di sana yang juga berniat yang sama.

Pada tanggal 28 juli 2014 seorang anggota dari Indonesia mengucapkan janji pertamanya di Villa La Paz, novisiat internasional MSA, di Ricardo Palma Peru. pada tanggal 26 Juli 2014 anggota yang berada di Indonesia mengucapkan janji pertama mereka. Dengan demikian, MSA secara resmi berdiri sebagai sebuah komunitas di Indonesia yang langsung di bawah Generalat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar